Pages

Senin, 30 Mei 2011

Kearifan

'KEARIFAN'

oleh Aisyah Ais pada 29 Mei 2011 jam 6:17


Kata-kata Hikmah
  
Hampir semua orang tahu bahwa : Iri, tersinggung, Bangga, Marah, itu tidak baik namun tak banyak orang tahu bagaimana mengendalikan sifat tsb.

Caranya:…Harus latihan terus menerus menghadapi peristiwa yang tidak MENG’ENAK’KAN dan jangan sampai MENYERAH sampai kita sukses menjadi orang yang MATANG, TENANG DAN DEWASA dalam menyikapi masalah, orang ARIF akan terus berusaha mencari petunjuk yg mengantarkannya menuju keberhasilan dalam mempraktekkan KEBIJAKSANAAN.
  
KIAT  berhasil menuju KEARIFAN : Hindari rasa GENGSI, sifat EGOIS, terus mencari pengetahuan untuk mendukung keberhasilan mengatasi sifat2 negatip dengan banyak membaca buku untuk memandu kita menuju KESABARAN atau mendengar nasehat dari siapa saja meski  dari orang yg lebih muda dari kita dan yang lebih utama ,banyak-banyak berdo’a kepada ALLOH agar DIMUDAHKAN dalam menerima petunjuk KEBENARAN.

Hasilnya:  Sikap ARIF akan menyelamatkan kita dari KEJAHATAN dan KEJAHILAN serta menyelamatkan kita dari orang yang suka MENENTANG, mudah TERSINGGUNG, AGOIS  yang terpenting akan menjaga kita dari situasi BAHAYA AGAR TIDAK  “MENYEMBAH” kepada orang yang tidak PAHAM AKAN NILAI-NILAI dan ETIKA.

       Jangan sampai kita ‘MAU’  DIKENDALIKAN orang yang di PERBUDAK HAWA NAFSU, JUSTRU  KITALAH  YANG  HARUS  MENGENDALIKAN  HAWA NAFSU  AMARAH orang tsb, karena PEMARAH tidak bisa menolong dirinya sendiri.

       Jangan  “MAU”  MENJADI  PELAMPIASAN  ‘AMARAHNYA’, biarkan  PEMARAH mengatasi masalahnya sendiri.

       Orang ARIF : Akan merahasiakan ILMU nya dan hanya akan memakainya disaat DIPERLUKAN.

       Orang ARIF: Merupakan GUDANG nya Ilmu dan DAPAT DENGAN CEPAT MENGETAHUI JALAN KELUAR DARI SETIAP MASALAHNYA karena TELAH MENGETAHUI  ‘CARA’nya.

       Orang  ARIF: Bukan berarti orang yang GENIUS, karena orang Genius banyak juga yang bunuh diri, dan bukan pula orang yang PINTAR karena orang PINTAR banyak pula yang tidak punya ETIKA, KEMUDIAN ORANG KAYA…? Tidak sedikit orang yang kaya bersifat SOMBONG, suka meremehkan orang lain dengan berlaku TIDAK ADIL, jadi…?

       Orang ARIF : adalah orang yang sudah Berhasil dalam mempraktekkan ilmu  PENGETAHUANNYA bagaimana memperlakukan orang lain dengan BAIK, MENGHORMATI, MENGHARGAI  dan menjunjung tinggi nilai-nilai KEHORMATAN.

       KEHORMATAN: Akan menguatkan jiwa, KEHORMATAN AKAN MENDUKUNG TAKDIR BAIK DAN BURUK, menghormati orang lain berarti MENGANGGAP ORANG LAIN ‘PENTING” untuk di perhatikan .


Wassalamu’alaikum…Wr…Wb ..Amiin  yaa Robbal’alamin.
Semoga bermanfaat.
· · Bagikan · Hapus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar