Pages

Sabtu, 14 Mei 2011

Kritikan




Kita semua pasti membenci KRITIKAN <saya> juga. Kritikan datang dari mana saja..teman tetangga, sahabat bahkan keluarga kita….

Reaksinya………setiap orang berbeda:     menjauh….menghindar,…mendebat……….. atau……MENYERANG BALIK PENGKRITIK… dan reaksi seperti ini NORMAL, WAJAR,sebagai bentuk protes karena orang yang tersakiti, secara reflek akan balik menyerang tapi reaksi ini akan menjadi salah dalam menerima kritikan SEBAB sudah pasti akan merugikan hubungan keakraban pertemanan..... 

Komunikasi jadi tidak lancar...'iya kalau  kita memiliki sifat yang gampang mengalah tapi jika punya sifat pendendam, pendongkol tentunya akan kesulitan dalam mencairkan suasana akibatnya…………………

#....Menyesal,merusak diri kita sendiri..
#....Masalah tidak akan selesai dengan.._
     Saling NGOTOT.
#....Menghalangi kebahagiaan diri sendiri.      
Sebab pada dasarnya HATI ini selalu condong  pada kedamaian, hanya saja hawa nafsu yang selalu membujuk untuk EMOSI……” Jihad yang paling berat adalah Jihad melawan Hawa Nafsu”, ( Sabda Rosululloh S.A.W ).


" ORANG YANG SELALU MENGABAIKAN KRITIKAN DAN TIDAK MAU MEMBENAHI DIRI,...AKAN HANCUR,"# David J Lieberman...#  



SARAN JIKA MENGHADAPI KRITIKAN!:...Alangkah bijaknya kalau kita menahan emosi dg tidak terburu-buru menanggapi kritikannya dan tdk melawannya,..tidak berburuk sangka terlebih dahulu....misalnya dengan balik bertanya...

" apa maksud kritikanmu,...maumu gimana??..
“ Kenapa kamu mengatakan itu padaku?????” dengan balik bertanya, orang akan bingung sendiri untuk menjawabnya, sebab dia juga tidak akan tahu cara menjawab pertanyaannya sendiri.


“ORANG YANG MEMAHAMI KRITIKAN, TEGURAN AKAN DIMULIAKAN ALLOH, SEBALIKNYA JIKA MEMBENCI TEGURAN AKAN RUGI DAN TAMPAK BODOH.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBEWwFUvPOiLwqgryXFrMsBNAr6CXz36-p-Q3Mx_zpLvQPmU7cL9mCK5i7XPaXfWa8b91V1yipogRWWsw5WPvQDWn_NKoLZaOarFUu5Q7rCeSwORwDF7P3PRkGUpzj475kfGZBxgXWazI/s1600/bidadari+6.jpg


Sikap Negatip dari luar…tanggapi dengan Positip maka keadaan akan kembali normal, pahan akan KEBIJAKSANAAN menambah sifat sabar, wibawa dan ketenangan orang akan nyaman berdekatan dengan kita.

Proses penajaman untuk menjadi CERDAS, PINTAR, TANGGUH, harus banyak mengalami tempaan dari luar yang meletihkan dan ini hanya akan didapat dari KRITIKAN, CELAAN atau HUJATAN orang lain…(ibarat: EMAS yang tidak akan berkilau tanpa proses tempaan yang panjang ).


Tanggapi dengan baik:….segala baik buruk kritikan….maka PENGKRITIK akan kehilangan KEKUATANNYA untuk menyakiti kita….reaksinya akan terbalik…malah dia yang akan merasa malu..sungkan.
Hati-hati dalam menilai PENGKRITIK, Nilai dengan seksama Kwalitas, latar belakang dan maksud dibalik kritikannya, Tepat tidaknya DIA mengkritik 

“AMATI”!!...jika tujuannya untuk menghina..merendahkan…olok-olok atau untuk menghancurkan kita dihadapan orang lain…….
INI BERARTI PENGKRITIK TIDAK BERKWALITAS,…. KRITIKANNYA CACAT………DAN HARUS DITOLAK. Sebab meladeni orang yang IRI kita tidak akan mampu!…….…Sumber IRI datangnya dari SETAN……
“SIAPA YANG BERKUASA MENUNDUKKAN SETAN”?... Dan hanya Allohlah yang akan menolong kita dalam menghadapi SETAN karena DIA yang Maha segalanya yg menciptakan SETAN,yang akan menundukkan dan menghilangkan setan dalam diri Manusia ( hanya pemilik anjing yang tahu cara mengendalikan anjing), banyak2 berdo’a dengan terus mendekatkan diri kepada NYA….Anggap KRITIKAN yang BURUK akan mennatangkan manfaat jangka panjang..Alloh membiarkan hal buruk terjadi karena Alloh akan MENGAJARI KITA bagaimana kita akan menemukan cara untuk menjadi DEWASA,TANGGUH dan tampak MATANG BERWIBAWA……# tentunya tanpa harus dibuat-buat #.. untuk bersifat IKHLAS harusnya muncul secara alami dari dalam HATI dan belajar melalui pengalaman hidup.


“KUMPULKAN SEGALA DAYA UPAYA UNTUK TAHAN DARI SEGALA YANG.. MENYAKITKAN HATI… dengan MENGURANGI INTENSITAS PERTEMUAN DENGAN SUMBER PENYAKIT (berpantang)”.


PERHATIKAN KEBENARAN KRITIKANNYA!....jika tujuannya baik dan memang apa yang dikatakannya BENAR…tentunya tidak akan salah untuk menerima MASUKAN dari luar, terimalah dengan LAPANG DADA……# tanpa harus JINAK kepadanya #......

Tunjukkan ke RENDAHAN kita untuk menerima apapun meski MENYAKITKAN…katakan:…..kita sebagai Manusia yang tidak sempurna, lemah dan tentunya membutuhkan waktu yang panjang untuk membenahi diri.


KRITIKAN BIASANYA DATANGNYA MENGAGETKAN dan SEPONTAN…”Apa yang harus kita lakukan”?kita tidak harus lari menghindarinya atau………. menyerang balik…

jangan berprasangka buruk terlebih dahulu dan jangan berlebihan dalam menanggapi….tetap TENANG… sambil mengamati kata-katanya sampai kita dapat menentukan sikap/ cara MENANGGAPI secara SANTUN, Tanggapi secara baik…segala baik-buruk yg di lontarkan…maka kita akan berhasil menciptakan suasana TENANG tanpa harus berantem.

“CARA MENGKRITIK YANG BENAR,”..: Jangan mengkritik dalam keadaan MARAH………Jangan mengkritik di hadapan banyak orang…….pilih dan pikir dulu mana kata yang BOLEH dan kata yang TIDAK BOLEH di ucapkan…..jangan membuat Ia tersinggung dengan kritikan kita tapi buat Dia bisa berfikir bahwa apa yang     kita sampaikan tujuannya POSITIP….katakan misalnya:…” Si ‘A’ akan senang bila kamu mau seperti ini/berbuat ini/memperbaiki sikap yg ini……( biarkan ia berfikir dg sendirinya) tanpa menyuruh atau melarang.
   

ADA TYPE ORANG YANG TIDAK BELEH KITA KRITIK
1.    Orang JAHAT : Karena kita akan di BENCI
2.    PENGEJEK    : Karena kita akan di HINA
3.    PEMAKI      : Karena kita akan di UMPAT

Biarkan orang seperti type yang diatas akan mendapatkan KEHINAANNYA sendiri tidak ada gunanya BICARA kepada orang TOLOL karena Ia tidak akan paham dengan kata-kata BIJAKSANA malah akan merendahkan perkataan kita.

“ ORANG BIJAKSANA MELIHAT KEJAHATAN ORANG LAIN LALU MENYEMBUNYIKAN DIRI…..ORANG BIJAKSANA AKAN DAPAT MELIHAT PERMASALAHAN DENGAN BAIK”…#David J Lieberman#.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar