Pages

Jumat, 13 Januari 2012

Pesan seorang Ibu





Assalamualaikum Warahmatullohi Wabarokatu.

Qs; Al-Isra’: 23-24.
“Jika salah seorang diantara keduanya berusia lanjut maka janganlah kamu sekali-kali mengatakan kepada keduanya perkataan ‘ah’ dan jangan kamu membentak mereka, ucapkan kepada mereka perkataan mulia dan rendahkan dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan.

Kamu tahu arti durhaka nak.....?
Kamu tahu arti tidak berbakti kepada kedua orang tua....?
1.     1. Jika seorang Ibu berusaha menyelamatkan kamu, membantumu menghadapi kesulitan tapi kamu balas dengan muka masam, cemberut, cuek dan meremehkannya
2.   2. Tidak berbakti artinya: kamu telah mengganggunya dengan perbuatan maupun perkataan yg menyakitinya.
3.   3. Berusahalah memaksakan dirimu berbaikan dengan kedua orang tuamu meski hatimu menolaknya.
4.   4. Janganlah kamu mengungkapkan kekesalan hatimu meski hanya berkata ‘ah’ dan jangan angkuh.

Janganlah bersuara lebih keras dari suara orang tuamu dan jangan memutus pembicaraan, jangan membohongi saat adu argumentasi, jangan meremehkan, mengabaikan mereka, menyuruh mereka, menyebut kejelekannya di depan orang banyak, melanggar larangannya dlm bentuk munkar,


Jika selama ini ibumu bersikap kurang sabar dan kurang bijaksana dlm mengajarimu, maafkanlah beliau....yang harus kamu lakikan:
v Berusahalah mencairkan suasana saat beliau marah, jangan sampai menyinggungnya meskipun kamu tidak suka
v Berusahalah mendahulukan kepentingannya dari pada orang lain
v Banyak-banyaklah berterimakasih.

Jika hatimu menolak nasehat-nasehat di atas, sudahkah kamu bayangkan hidupmu tanpa kedua orang tuamu...?
Ini bukan mereka yang mengajari kamu tapi syari’at Agama yang mendidikmu...jadi jangan marah, karena Alloh ingin menyelamatkan kamu ke Surga bersama kedua Orang tuamu.

Islam mensyari’atkan kedudukan orang tua sangat tinggi untuk diberikan pelayanan seorang anak, membuat orang tua menangis adalah larangan yg harus dijahui, jangan biarkan dia pergi dalam keadaan marah padamu karena murka orang tua, Alloh akan ikut murka.

Rosululloh menempatkan Durhaka kepada orang tua setelah dosa syirik dan dosa setelahnya adalah membunuh, betapa besarnya Durhaka, sampai-sampai Alloh menempatkan di tingkat kedua setelah menyekutukan-NYA.

Seorang sahabat meninggalkan kedua orangtuanya dalam keadaan menangis untuk berbai’at kepada Rosul, kemudian Rusululloh memerintahkan untuk kembali kepada keduanya, “Kembalilah kepada kedua orang tuamu, buatlah keduanya tertawa, sebagaimana engkau membuatnya menangis, (Hr; Abu Dawud )

Umar Ra, berkata: ‘Demi Alloh jika kamu berkata lembut pada kedua orang tuamu dan engkau beri  makan mereka maka sungguh engkau akan masuk surga selama engkau jahui dosa besar (Tafsir, At-Thabari)

Wassalamualaikum Warahmatullohi Wabarokatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar